Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019
Oleh : Ridwan | Sabtu, 23 Maret 2019 – 18:20 WIB
INDUSTRY.co.id – Jakarta, Industri otomotif nasional kian menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tak heran, pertumbuhan tersebut juga mendorong meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif.
Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting tolls.
“Bisnis kami berkembang dengan cukup baik yang ditandai dengan adanya pertumbuhan mencapai 20% di tahun 2018, jika dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Hadrianto Abas selaku Direktur PT Ikimura Group kepada Industry.co.id di Jakarta, Sabtu (23/3).
Berawal dari membuka toko kecil berukuran 2×3 meter persegi di kawasan Jembatan Merah pada tahun 1991, PT Ikimura Group kini telah menjadi perusahaan metal cutting tools yang terus memberikan kontribusi signifikan untuk mensupport industri otomotif Indonesia.
Ditambahkan Hadrianto, dari tahun ke tahun perkembangan bisnis Ikimura Group terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. “Kepercayaan pelanggan membuat kami semakin percaya diri untuk mengembangkan bisnis ini lebih baik lagi kedepannya,” terangnya.
Menuru Hadrianto, kenaikan permintaan yang tumbuh cukup besar tetap berada pada produk utama kami yaitu Indexable Insert Kyocera. Namun, tambah Hadrianto, produk Threading Volkel dan Arbor Regofix juga sedang menjadi primadona.
“Arbor Regofix dan Threading Volkel saat ini menjadi primadona di beberapa customer, karena harus diakui kualitas produk kami yang sangat baik,” ungkap Hadrianto.
Kabar baik juga menghampiri PT Ikimura Group di awal tahun 2019, meraka dipercaya kembali oleh Kyocera Corporation Jepang yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk elektronik untuk menyalurkan produk-produk mereka yaitu, Ryobi dan Senco.
Dijelaskan Hadrianto, Ryobi (Power tools) dan Senco (fasterner) telah resmi bergabung dengan Kyocera Corporation di tahun lalu. Kedua produk ini menjadi pasar baru untuk Ikimura yang dulunya hanya berfokus pada cutting tools.
“Diharapkan dengan kehadiran kedua produk ini Ikimura lebih dapat membantu memenuhi kebutuhan industry Indonesia dengan lebih luas dan baik,” imbuhnya.
Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pihaknya menargetkan pertumbuhan penjualan di tahun 2019 mampu meningkat sebesar 25-30%.
“Kami targetkan bisa tumbuh 25-30% dari tahun sebelumnya, melihat pasar otomotif sudah kembali stabil,” jelasnya.
Hadrianto mengungkapkan, pihaknya telah berencana akan melakukan ekspansi bisnis dengan membangun pabrik baru wilayah Karawang.
“Pembangunan pabrik ditargetkan akan selesai dan mulai beroperasi di tahun 2021 mendatang,” tutur Hadrianto.